Blog

Kuching

Kota Kuching sudah tidak asing lagi buat sebagian besar warga Pontianak dan Singkawang. Untuk yang belum mengetahuinya biarlah saya jelaskan. Kuching terletak di Negara Malaysia bagian Sarawak. Masih merupakan bagian dari pulau Kalimantan. Kota ini berbatasan darat dengan Indonesia. Untuk penggemar traveling kota ini patut dikunjungi, karena banyak sekali tempat wisata yang menarik. Contohnya Cagar Alam Semenggoh, Kampung Budaya Sarawak, Museum Sarawak, Taman Anggrek Sarawak, Klenteng ‘Tua Pek Kong’, Jong’s Crocodile Farm, Taman Sahabat, Civic Centre dan masih banyak lagi.

Untuk penggemar shopping disinilah surganya belanja, Kuching terdapat banyak sekali shopping mall seperti The Spring, Viva City, Boulevard, Everise, Merdeka Plaza, E-Mart dan lain-lain. Untuk keperluan pengobatan atau Medical Check-Up, Kuching juga tersedia banyak rumah sakit yang mempunyai fasilitas lengkap. Antara lain Timberland Hospital, Borneo Medical Centre, Normah Hospital, KPJ Hospital, dan masih banyak lagi klinik-klinik lain yang bagus. Untuk masalah biaya saya rasa cukup terjangkau dibandingkan kalau kita berobat ke Negara tetangga yang lain seperti Singapura. Kuching juga menawarkan beragam kuliner yang nikmat tentunya antara lain Kolo Mie, Laksa Sarawak, Nasi Lemak, Nasi Ayam, Sotong Kangkong, Umai Jellyfish, Ayam Penyet, Rojak Popiah, Mamak Mie, Ais ABC dan sebagainya. Kalau datang ke Kuching jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas tempatan.

Untuk keperluan akomodasi Kuching juga tesedia banyak sekali hotel dari yang bintang lima sampai ke hotel yang kecil. Tetapi untuk menghemat budget terdapat juga penginapan/homestay murah meriah, yang pasti ramah di kantong.

Memperkenalkan Annie Guest House, mempunyai lokasi yang sangat strategis yang terletak di belakang Timberland Hospital untuk yang ingin berobat atau yang mahu medical check-up, dekat juga dengan Boulevard Shopping Mall dan Fresh Market untuk yang ingin berbelanja, dan dikeliingi dengan banyak kopitiam atau restoran sehingga tidak perlu kuatir masalah perut.

Annie Guest House juga menyediakan berbagai fasilitas antara lain kamar AC, TV Cable, Wifi, Water Heater, dan juga menyediakan layanan tranportasi seperti antar-jemput dari terminal Bis/Bandara. Untuk semua pelayanan tersebut Annie Guest House memberikan penawaran yang sangat murah.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:

No Telp : +6014 – 3160 912 / 6010 9638 782 (Whatsapp/SMS/Call)

atau FB: Annie Guest House at Timberland Kuching

 

Taman Negara Bako

papan nama bako

Taman Negara Bako merupakan sebuah lokasi wisata yang sangat terkenal di Negara Malaysia. Taman ini merupakan sebuah kawasan hutan bakau atau mangrove yang memiliki pantai yang cukup indah. Jika berlibur ke sana, anda juga akan melihat kawanan Monyet Bekantan, kunyuk, berang-berang, hingga babi berjanggut yang sekilas terlihat menyeramkan. Kali ini, penulis akan mengupas sedikit keeksotisan dan kecantikan dari Taman Nasional Bako ini.

Perjalanan ke Taman Negara Bako dari Kuching memakan waktu sekitar setengah jam, Taman Negara Bako sebenarnya sebuah pulau dan untuk ke pulau kita harus naik perahu. Pulaunya gak jauh kok cuma 20 menit kerana hanya di seberang saja dan perjalanan menaiki perahu juga seru kerana bisa lihat pemandangan gunung dan batu-batu besar seperti di Krabi.

Jalan gak berapa lama kemudian kita akan menemukan pos seperti resepsionis dan sebelum pergi jungle trekking kita harus melaporkan diri dulu. Setelah itu kita akan diberikan peta trail, ada 16 trail yang ada di Taman Negara Bako, kita bebas pilih trail yang mana saja dan setiap trail ada view yang berbeda seperti kalau pilih trail tanjung paku kita bisa melihat Proboscis Monkeys dan kalau mahu lihat air terjun bisa ke Tajor trail.

Waktu yang paling baik untuk dapat melihat satwa-satwa yang ada di sana yaitu pagi hari. Yang tidak kalah menarik, anda juga bisa menginap di Taman Nasional Bako Kuching dengan beragam pilihan harga dan kualitas penginapan yang berbeda-beda. Bagi yang ingin berhemat atau ingin tidur di alam terbuka, anda bisa juga menyewa tenda dengan harga yang relatif terjangkau. Yang pasti, anda tidak akan kecewa selama berlibur di Taman Nasional Bako.

Harga tiket masuk RM10 untuk Warga Negara Malaysia dan RM 20 untuk Warga Negara Asing

Harga tiket perahu one way RM 15/orang untuk Warga Negara Malaysia  dan RM 20 untuk Warga Negara Asing

Tempat ini dibuka setiap hari dari jam 8 pagi

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:

No Telp : +6014 – 3160 912 / 6010 9638 782 (Whatsapp/SMS/Call)

atau FB: Annie Guest House at Timberland Kuching

Semenggoh Wildlife Centre

Semengoh-Wildlife

Semenggoh Wildlife Centre adalah pusat rehabilitasi Orangutan di Sarawak; didirikan pada tahun 1975 sebagai tempat perlindungan bagi orangutan terluka dan yatim piatu.

Semenggoh Wildlife ini sukses kerana merawat hampir 1.000 mamalia yang terancam punah, burung dan reptil dari puluhan spesies yang berbeda. Namun itu adalah program rehabilitasi orang utan yang telah membuat Semenggoh Wildlife Centre ini menjadi sangat terkenal. begitu banyak orang utan telah diselamatkan dan dibawa ke hutan perlindungan, namun kerana populasi orangutan semakin banyak, sekarang kegiatan rehabilitasi telah dipindahkan ke Matang Wildlife Centre, bagian dari Kubah National Park.

Sebagai hasil dari keberhasilannya, peran Semenggoh Wildlife Center telah berubah menjadi pusat studi biologi orangutan dan perilaku orangutan, serta tempat yang aman dan damai untuk puluhan spesis orangutan semi-liar.

Harga tiket masuk RM 5 untuk Warga Negara Malaysia dan RM 10 untuk Warga Negara Asing (Akan di update)

Tempat ini dibuka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Waktu memberi makanan orangutan jam 9 pagi dan jam 3 sore

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:

No Telp : +6014 – 3160 912 / 6010 9638 782 (Whatsapp/SMS/Call)

atau FB: Annie Guest House at Timberland Kuching

Museum Kucing

cat museum kuching

Museum Kucing pertama yang ditujukan untuk semua hal tentang kucing ini terletak di Petra Jaya. Objek wisata ini didirikan tahun 1993 di Bukit Siol, Jalan Semariang, Petra Jaya, Kuching, Sarawak. Tepatnya di lantai bawah gedung Kuching north City Hall Headquarters.
Disini kita dapat menemukan berbagai pameran, foto, karya seni patung kucing, artefak hiasan berbentuk kucing, perangko, dan suvenir.


Koleksinya mencapai lebih dari 4.000 barang. Salah satu koleksi utamanya adalah mumi kucing Mesir dari tahun 3500 Sebelum Masehi. Tempat ini juga menjadi pusat studi yang berfokus tentang sejarah dan berbagai kepercayaan terkait kucing.

Berbagai informasi tentang hewan yang sering menjadi peliharaan tersebut bisa banyak didapat di sini. Tak hanya tentang sejarah, tapi juga mengenai peranan kucing-kucing yang menggemaskan dalam kehidupan manusia.

Desain museum tentunya juga serba kucing, dari pintu masuknya saja sudah berbentuk kucing besar. Beberapa patung serta mainan juga ada yang dipajang di luar lemari sehingga bisa buat foto bareng.

Tempat ini dibuka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore dan tutup pada public holiday.

Tiket masuk gratis tapi untuk kamera dikenakan RM 3 dan RM 5 untuk video kamera.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:

No Telp : +6014 – 3160 912 / 6010 9638 782 (Whatsapp/SMS/Call)

atau FB: Annie Guest House at Timberland Kuching

Fairy Cave Dan Wind Cave

fairy cave sign

wind cave

Fairy Cave  sekitar 40 km dari Kuching, akses ke gua adalah melalui tangga beton berlantai empat yang membawa Anda ke pintu masuk gua.

fairy cave

Jalan masuk ke Fairy Cave ialah lorong sempit dan agak gelap tapi gak segelap gua angin yang dimana harus pakai senter untuk jalan ke gua tersebut. Jalan masuk ke Fairy Cave bisa dikatakan lumayan sempit tapi setelah jalan beberapa menit kita akan disambut dengan pembukaan gua besar yang terlihat cahaya matahari.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Disini juga terdapat banyak kelelawar yang sedang tidur diatas gua dan sarang burung, uniknya disini juga terlihat batu yang menyerupai patung Dewi Guan Yin.

Beda dengan Gua Fairy, Gua angin terdiri dari tiga bagian tubular yang gelap.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dari Customer Service Centre, di mana anda membayar tiket masuk, terdapat boardwalk beton mengarah ke pintu masuk dari Passage No 1. Plank-jalan menuju Gua Angin
itu sekitar 1000 meteran.

Tidak ada pencahayaan sama sekali di Wind Cave (untuk menghindari mengganggu kelelawar) sehingga setelah berjalan selama satu atau dua menit anda benar-benar bergantung pada senter anda.

Stiker reflektif kuning garis rute dan ada pagar di kedua sisi jalan sehingga Anda tidak bisa jatuh atau tersesat. papan pengumuman secara berkala memberikan informasi pada spesies yang hidup di dalam gua. Ada lebih dari satu spesies kelelawar di sini, termasuk Kelelawar Dusky Buah.

kelelawar-buah

 

Fairy Cave Dan Wind Cave dibuka dari jam 8.30 pagi sampai ke jam 4.30 sore

Tiket masuk untuk dewasa RM 5 Warga Negara Asing dan RM 1 untuk Warga Negara Malaysia.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:

No Telp : +6014 – 3160 912 / 6010 9638 782 (Whatsapp/SMS/Call)

atau FB: Annie Guest House at Timberland Kuching

 

 

 

Jong Crocodile Farm

Annie guest house jong crocodile farm

29 km dari Kuching, Jong Crocodile Farm adalah taman buaya dan tempat pemuliharaan buaya yang terbesar di Malaysia dan mereka juga ada menjual buaya-buaya tersebut sampai ke luar negeri. Disini kita bukan hanya bisa melihat pelbagai spesis buaya tetapi ada juga binatang yang kita bisa lihat seperti rusa, ikan, burung hantu, babi hutan, beruang, pelbagai jenis burung dan lain lain.

Faselitas disini juga lengkap seperti tempat parkir yang luas, toilet, toko suvenir yang jual ole-ole khas Sarawak dan mini market untuk jajan.

croc-zoo-map

Selain itu, kita juga bisa lihat feeding demonstration ikan Arapaima iaitu ikan terbesar air tawar yang berasal dari Amerika Selatan, panjang ikan tersebut bisa mencapai 3 meter dan berat 180 kg.

annie guest house ikan arapaima

Kita juga bisa melihat secara langsung crocodile feeding demonstration di jam 11 pagi dan jam 3 sore dimana buaya buaya tersebut akan meloncat dari air untuk makan.

Tahukah anda? buaya yang dikenal memiliki tubuh besar dan biasanya tinggal di darat dan air ternyata ada spesis tertentu yang bisa mendorong dirinya keluar dari air setinggi panjang tubuh mereka sendiri.

annie guest house jong crocodile

Yang terakhir sekali, disini juga ada Museum Buaya, satu-satunya museum buaya yang ada di Malaysia. Disini anda akan menemukan tengkorak buaya pemakan manusia dan pengunjung juga bisa melihat galeri foto sejarah, telur buaya, kerangka replika buaya dan replika sarang buaya.

Jong Crocodile Farm dibuka setiap hari dari jam 9 pagi sampai ke jam 5 sore

Harga tiketnya RM22 untuk dewasa dan RM11 untuk anak kecil

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:

No Telp : +6014 – 3160 912 / 6010 9638 782 (Whatsapp/SMS/Call)

atau FB: Annie Guest House at Timberland Kuching

Kampung Budaya Sarawak

 

kampung budaya

(Gerbang Masuk Kampung Budaya)

Berada di kaki legendaris Gunung Santubong, sekitar 27,5 km dari Kuching adalah Kampung Budaya Sarawak. Disini kita dapat menyaksikan keragaman etnis Sarawak seperti suku Iban, Bidayuh, Melayu, Cina, Orang Ulu, Penan dan Melanau  dengan hanya dalam waktu sehari . Selain itu, banyak kerajinan tangan yang dibuat secara langsung yang pasti akan menggoda anda seperti pembuatan Kain Songket ( kain Melayu dengan tatahan emas ) , Pua kumbu ( Kain  Suku Iban ) , Melanau Terendak ( Sunhat ) , Bidayuh tambok ( Basket ) , Iban parang ( Pedang ) , Orang Ulu ukiran kayu dan keramik Cina.

Peta Sarawak Culture Village

Serunya di Kampung Budaya gak seperti Museum lain, konsep “The Living Musem” adalah berarti di sini anda bisa merasakan kehidupan etnis-etnis melakukan kegiatan sehari-hari seperti membuat kue, menari dan lain lain.

Di Kampung Budaya juga ada tempat jualan ole-ole khas Sarawak yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau dan untuk anda yang ingin mencicipi masakan tradisional sarawak boleh langsung ke restoran yang posisinya persis di depan theater.

Sehari ada dua kali culture show Jam 11.30 Pagi dan Jam 4 Sore, Kampung Budaya ini dibuka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Harga tiketnya RM63.60 untuk dewasa dan RM31.80 untuk anak kecil. Oh ya untuk yang dibawah umur 6 tahun itu gratiss.

Kalau masih bingung cara untuk perginya boleh kok hubungi saya di:

No Telp: +6014 – 3160 912 / 6010 9638 782 (Whatsapp/SMS/Call)

atau FB: Annie Guest House at Timberland Kuching